Pentingnya Maintenance Rutin Sistem Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus Dalam Jaringan (SPARING) - Ganeca Environmental Services

Pentingnya Maintenance Rutin Sistem Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus Dalam Jaringan (SPARING)

Mei 8, 2023

Pentingnya Maintenance Rutin Sistem Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus Dalam Jaringan (SPARING)

Perusahaan pasti akan melindungi asetnya dari berbagai gangguan yang dapat mengakibatkan berbagai dampak hingga menurunkan produktivitas, seperti kerusakan yang disebabkan faktor manusia atau penggunaan dan penurunan kinerja dari aset tersebut. Melindungi aset perusahaan perlu dilakukan sehingga aktivitas perusahaan senantiasa berjalan dengan optimal. Untuk melaksanakan misi tersebut maka perlu dilakukan maintenance.

Menurut Manzini (2010), maintenance adalah kegiatan untuk memonitor dan memelihara fasilitas dengan merancang, mengatur, menangani, dan memeriksa pekerjaan. Dengan demikian, berguna untuk menjamin fungsi dari unit selama waktu operasi (uptime) dan meminimalisasi selang waktu berhenti (downtime) yang diakibatkan oleh adanya kerusakan atau kegagalan.

Sistem pemantaun kualitas air limbah secara terus menerus dalam jaringan (SPARING) menggunakan komponen utama berupa sensor yang perlu dilakukan maintenance rutin. Tujuan dilakukan maintenance rutin tersebut adalah agar sensor dapat tetap optimal dan memperpanjang jangka waktu pemakaian. Selain menyediakan sistem SPARING, PT Ganeca Environmental Services juga menyediakan kerjasama maintenance sistem Sparing yang bertujuan untuk membantu klien GES dalam memenuhi kewajiban dalam PerMenLHK Nomor Nomor P.93/MENLHK/SETJEN/KUM.1/8/2018 pada pasal 9 yang menyebutkan Penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan wajib melakukan perawatan dan uji kelaikan Alat Sparing secara periodik.

“Selain menyediakan sistem SPARING, PT Ganeca Environmental Services juga menyediakan kerjasama maintenance sistem SPARING yang bertujuan untuk membantu klien GES dalam memenuhi kewajiban dalam PerMenLHK Nomor Nomor P.93/MENLHK/SETJEN/KUM.1/8/2018 pada pasal 9 yang menyebutkan Penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan wajib melakukan perawatan dan uji kelaikan Alat Sparing secara periodik.”

PT GES menyediakan service maintenance rutin sistem Sparing setiap 3 bulan. Kegiatan maintenance tersebut mencakup kegiatan kalibrasi sensor dan perawatan komponen pendukung seperti pengecekan datalogger, kondisi power supply dan komponen mekanikal elektrikal lainnya. Kalibrasi sensor perlu dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa sensor yang digunakan tersebut masih memiliki akurasi yang baik. Hasil pengukuran yang tidak konsisten akan berdampak langsung terhadap data hasil pemantauan yang akan dikirimkan ke KLHK. Sensor dengan harga mahalpun juga dapat rusak karena kurangnya akurasi setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu sehingga penting untuk dilakukan maintenance.

Pentingnya maintenance bagi perusahan yang menggunakan sistem Sparing yaitu:

  1. Sensor dan komponen yang digunakan dapat dipergunakan dalam jangka waktu panjang
  2. Sensor dan komponen yang digunakan dapat berjalan stabil dan baik
  3. Akurasi sensor terpantau baik dan data yang dihasilkan akurat
  4. Dapat menghindarkan atau meminimalisir kemungkinan terjadinya kerusakan berat dari sensor atau komponen lainnya

Beberapa bulan lalu tim GES baru selesai melakukan maintenance rutin sistem Sparing di PT Borneo Indobara dan PT Kuansing Inti Makmur.

 

Marilah Kita Bentuk Masa Depan Bersama-sama

Raih kemungkinan tak terbatas.

Chat WhatsApp
1
Need Help?
If you have any questions about the services we provide do not hesitate to contact us. We try and respond to all queries and comments within 24 hours.